Sedang Wamil, Ini 11 Drama dan Film Korea Lee Jong-suk yang Bisa Ditonton Ulang

Bagi pecinta K-Drama tentunya nama Lee Jong-suk sudah tidak asing lagi. Kamu pasti langsung bisa membayangkan bagaimana wajah tampannya. Pria kelahiran 14 September 1989 ini merupakan aktor dan juga model Korea Selatan yang memiliki basis penggemar cukup besar.

Lee Jong-suk memulai debutnya di dunia hiburan pada 2005 sebagai model catwalk, menjadikannya model pria termuda yang berpartisipasi dalam Seoul Fashion Week. Sejak saat itu namanya sudah mulai dikenal oleh masyarakat.

Namanya mulai dikenal sejak perannya sebagai musisi gay dalam drama Secret Garden yang dibintangi Hyun Bin dan Ha Ji-won pada 2010. Dia lalu lebih bersinar dan mencuri perhatian setelah membintangi drama School bersama Kim Woo-bin pada 2012.

Lee Jong-suk telah membintangi banyak drama dan hampir semuanya terbilang sukses, seperti I Can Hear Your Voice, Doctor Stranger, Pinocchio, While You Were Sleeping, The Hymn of Death, dan terakhir Romance Is a Bonus Book.

Sekarang ini Lee Jong-suk sedang menjalani kewajibannya sebagai penduduk Korea Selatan, yakni wajib militer. Selama menjalani wamil tentunya ia tidak bisa menyapa para penggemarnya, baik secara langsung maupun lewat drama dan film.

Bagi kamu yang kangen dan ingin melihat akting memukau Lee Jong-suk, ada beberapa rekomendasi karya yang pernah ia bintangi. Apa saja? Berikut koreoso.com rangkum 11 drama dan film Korea Lee Jong-suk lengkap dengan sinopsisnya, spesial untuk kamu.

School 2013

School 2013 merupakan drama pertama dimana Lee Jong-suk menjadi pemeran utama. Drama yang tayang pada 2012 ini membuatnya semakin dikenal publik. Dalam drama ini Lee Jong-suk berperan sebagai Ko Nam-soon, seorang pelajar SMA yang tidak memiliki keinginan dan cita-cita. Ia tidak semangat belajar, namun memiliki pribadi yang menyenangkan.

School 2013 bercerita tentang Seungri High School yang menempati peringkat terburuk dari 178 sekolah menengah di Seoul, jika dilihat berdasarkan nilai akademik.

SMA Seungri sekarang sibuk mempersiapkan presentasi untuk siswa barunya. Nam-soon (Lee Jong-suk) terpilih sebagai ketua kelas 2-2, berkat dukungan Oh Jung-ho (Kwak Jung-wook), yang merupakan anggota geng sekolah.

Kang Se-chan (Daniel Choi) adalah guru bahasa Korea terbaik dan sangat terkenal di Gangnam. Ia pun dipekerjakan di Seungri High School untuk meningkatkan nilai siswa di sana. Dia menjadi wali di kelas 2-2 bersama Jung In-jae (Jang Na-ra). Jung In-jae adalah guru yang sangat peduli dengan murid-muridnya, sementara Se-chan tipikal orang yang berorientasi pada hasil nilai akademik.

Kelas mereka kedatangan murid baru bernama Park Heung-soo (Kim Woo-bin). Di masa lalu, Heung-soo memiliki kisah kelam dengan Nam Soon. Bagaimana para guru dan siswa ini mengatasi persoalan akademik dan hubungan diantara mereka? Jangan lupa tonton dramanya ya chingu.

I Can Hear Your Voice

I Can Hear Your Voice menjadi drama yang cukup banyak disaksikan pada 2013 lalu. Bahkan berkat drama ini Lee Jong-suk berhasil meraih penghargaan bergengsi, yakni “Ten Star Award” dan “Excellent Actor” pada SBS Drama Awards 2013.

I Can Hear Your Voice bercerita tentang sebuah kecelakaan maut yang melibatkan Park Soo-ha kecil dengan ayahnya, dimana sang ayah menjadi korban meninggal dunia. Pasca kecelakaan itu, Park Soo-ha (Lee Jong-suk), memiliki kekuatan unik untuk bisa mendengarkan suara hati orang lain.

Setelah dewasa, Park Soo-ha berhasil menjadi seorang pengacara. Misinya adalah melindungi seorang gadis yang telah memberikan kesaksian atas pembunuhan ayahnya saat dia masih kecil, yang akhirnya bisa menyeret pelaku masuk penjara.

Gadis yang memberi kesaksian itu, Jang Hye-sung (Lee Bo-young), kini telah dewasa dan juga menjadi seorang pengacara. Saat kecil, sebelum masuk penjara, dia mendengar pelaku yang menabrak ayahnya bertekad akan membunuh Hye-sung setelah keluar dari penjara.

Pinocchio

Pinocchio juga menjadi drama Lee Jong-suk yang berhasil meraih banyak penonton. Dalam drama yang berkisah tentang para reporter ini, Lee Jong-suk dipasangkan dengan artis berbakat Park Shin-hye.

Drama yang tayang pada 2014 ini menceritakan tentang jurnalis stasiun televisi yang bekerja mencari fakta untuk diberitakan.

Choi Dal-po (Lee Jong-suk) merupakan seorang reporter baru yang bekerja di stasiun TV. Dia hanya siswa lulusan SMA namun berhasil jadi reporter karena program rekrutmen tak biasa dari satu stasiun televisi.

Choi In-ha (Park Shin-hye) memiliki Sindrom Pinocchio. Ketika berbohong, dia akan cegukan tanpa henti. Hal ini membuat dirinya sulit mendapatkan pekerjaan.

Choi Dal-po dan In-ha dibesarkan bersama-sama oleh kakek In-ha. Awalnya sang kakek yang memiliki demensia, mengira bahwa Choi Dal-po adalah anaknya yang hilang 30 tahun lalu.

Choi Dal-po memiliki identas asli Ki Ha-myung. Dia adalah anak seorang ketua tim pemadam kebakaran yang meninggal saat bekerja. Karena pemberitaan yang salah, ayahnya dituduh sebagai biang penyebab 9 anggota pemadam kebakaran lain meninggal.

Tak kuat menahan hujatan dari masyarakat dan pemberitaan yang terus menyudutkan, ibu Ha-myung bunuh diri dan kakak lelakinya Ki jae-myung (Yoon Kyun-sang) hilang entah kemana.

Choi Dal-po/Ki Ha-myung menjaga jarak dari In-ha karena merupakan putri dari reporter yang telah menghancurkan keluarganya. Tetapi gadis itu selalu bersikap baik. Dia berbeda dari ibunya. Perlahan, Da-po jatuh hati, namun harus menahan diri demi upaya mengungkap kebenaran dan membersihkan nama baik keluarganya.

Doctor Stranger

Doctor Stranger merupakan drama Korea yang cukup menarik untuk disaksikan. Drama yang dibintangi oleh Lee Jong-suk, Jin Se-yeon, Kang So-ra, Park Hae-jin, dan Park Hae-joon. Drama politik, militer, dan medis ini memiliki plot yang tebal dan cerita yang menegangkan.

Doctor Stranger menceritakan sosok dokter muda yang super keren dan brilian dari Korea Utara bernama Park Hoon (Lee Jong-suk). Saat masih kecil, ia dan ayahnya yang bernama Park Cheol (Kim Sang-joong) dibawa Ke Korea Utara untuk kepentingan politik.

Ketika tumbuh dewasa, Park Hoon menjadi dokter jantung yang cerdas namun tumbuh dalam situasi yang keras dan sulit di Korea Utara. Sebelum ayahnya meninggal, sang ayah meminta dirinya untuk kabur bersama kekasihnya Song Jae-hee (Jin Se-yeon) dan kembali ke Korea Selatan.

Upaya kabur keduanya melalui Budapest, Hungaria, berjalan dramatis. Mereka tak hanya dikejar oleh pasukan khusus Korea Utara, tetapi juga dihalangi oleh Perdana Menteri Korea Selatan Jang Seok-jo ( Chun Ho-jin) yang menganggap Park Hoon sebagai kelemahannya. Meskipun akhirnya berhasil, dia terpisah dengan Song Jae-hee.

Setelah melalui lika-liku yang berat, di Korea Selatan Park Hoon direkrut bekerja di rumah sakit ternama, Rumah Sakit Universitas Myungwoo. Disana, dia berupaya menemukan kembali Jae-hee.

Tanpa sengaja, dia mendapati kenyataan bahwa apa yang terjadi pada keluarganya, melibatkan banyak orang penting, termasuk Direktur RS Myungwoo, Oh Joon-gyu (Jeon Gook-hwan) dan Perdana Menteri Jang Seok-joo. Termasuk alasan kenapa ayahnya yang berdedikasi disingkirkan ke Korea Utara.

W (Two World)

W: Two Worlds merupakan drama Korea romantis fantasi yang cukup banyak digemari pada 2016 lalu. Dua dunia yang diangkat dalam drama ini cukup unik karena menghubungkan dunia nyata dan webtoon, dimana dua karakter utama berasal.

Drama yang dibintangi Lee Jong-suk dan Han Hyo-joo ini bercerita tentang pasangan yang jatuh cinta, meskipun berasal dari dunia berbeda yaitu dunia nyata dan webtoon.

Oh Yeon-joo (Han Hyo-joo) merupakan seorang dokter residen spesialis bedah di sebuah rumah sakit. Ayahnya merupakan pengarang webtoon terkenal berjudul W. Karyanya selalu saja mendapat tanggapan positif dari setiap orang.

Suatu hari, Oh Yeon-joo mendapat penawaran dari sang profesor. Ternyata, sang profesor merupakan penggemar berat webtoon W. Namun, ketika ia hendak menemui sang ayah, sebuah tangan penuh darah tiba-tiba muncul dari tablet sang ayah dan menariknya masuk ke dunia webtoon.

Kejadian ini mengantarnya pada petualangan panjang bersama tokoh utama webtoon, pria muda, tampan, dan kaya raya bernama Kang Chul (Lee Jong-suk). Kang Chul adalah karakter komik yang membangkang pada penulisnya demi mendapatkan akhir bahagia.

While You Were Sleeping

While You Were Sleeping menjadi drama yang begitu banyak disukai saat tayang pada 2017 lalu. Selain jalan ceritanya yang menarik, drama ini juga bertabur bintang seperti Bae Suzy, Lee Jong-suk, Lee Sang-yeob, serta Jung Hae-in.

Drama yang masih dikenang sampai sekarang ini mengisahkan tentang Jung Jae-chan (Lee Jong-suk) yang merupakan seorang jaksa penuntut yang baru saja bertugas. Bersama adiknya Jung Seung-won (Shin Jae-ha), Jae-chan pindah ke rumah baru mereka.

Suatu malam ia bermimpi sedang mengintrogasi seorang perempuan tersangka kasus kecelakaan. Mimpi itu sangat seram, di mana gadis itu kemudian bunuh diri dengan melompat dari atap gedung rumah sakit.

Hal yang lebih mengejutkan dari mimpi itu adalah kenyataan bahwa perempuan dalam mimpinya merupakan penghuni rumah sebelah, tetangga barunya, Nam Hong-joo.

Hymn of Death

Hymn of Death merupakan drama yang cukup singkat, hanya terdiri dari 6 episode (35 menit per episode). Drama ini diadaptasi dari kisah nyata Kim Woo-jin dan Yoon Shim-deok. Drama ini juga remake dari Death Song (1991).

Hymn of Death menceritakan tentang Kim Woo-jin (Lee Jong-suk), seorang penulis drama panggung, ketika Korea berada di bawah penjajahan Jepang. Dia sudah menikah, namun suatu hari ia jatuh cinta dengan Yun Sim-deok (Shin Hye-sun).

Yun Sim-Deok merupakan penyanyi sopran Korea pertama. Dia merekam lagu “Praise of Death” yang menjadi lagu pop Korea pertama pada tahun 1926. Drama yang diangkat dari kisah nyata ini, memperlihatkan bagaimana kejam dan suramnya masa-masa pendudukan Jepang di Korea. Dalam kisahnya, Kim Woo-jin dan Yun Sim-deok berakhir tragis.

Romance In A Bonus Book

Romance In A Bonus Book merupakan drama Korea yang tayang pada 2019. Drama ini menjadi drama terakhir Lee Jong-suk sebelum menjalani wajib militer. Drama bergenre komedi romantis ini dibintangi Lee Jong-suk dan Lee Na-young.

Romance In A Bonus Book menceritakan tentang Cha Eun-ho (Lee Jong-suk), yang merupakan seorang penulis jenius dan editor termuda di perusahaan penerbitan. Selain pintar, ia juga sangat tampan. Meski ia kerap marah di tempat kerja, namun dirinya memiliki pribadi yang kuat dan selalu memiliki alasan untuk setiap hal.

Kang Dan-yi (Lee Na-young) dulunya adalah copywriter yang populer, namun kariernya redup setelah berkeluarga. Kini dia telah bercerai dan sedang mencoba mencari pekerjaan. Walau karirnya mengesankan dan latar belakang pendidikan sangat baik, dia tidak dapat menemukan pekerjaan baru.

Akhirnya, Kang Dan-yi mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan penerbitan dengan berbohong tentang latar belakangnya. Cha Eun-ho adalah pemimpin redaksi di perusahaan penerbitan itu.

Keduanya merupakan sahabat dari masa sekolah dan menyembunyikan fakta itu di tempat kerja. Bagi Cha Eun-ho, Kang Dan-yi adalah cinta di masa lalunya. Tapi kini, perasaan lamanya itu kembali.

No Breathing

No Breathing merupakan film bertemakan olahraga Korea Selatan. Film yang dirilis pada 2013 ini dibintangi oleh Lee Jong-suk, Seo In-guk, dan Kwon Yuri, menceritakan para peserta kompetisi renang.

Woo Sang (Lee Jong-suk) adalah perenang nasional. Dia selalu menduduki posisi nomor satu. Won Il (Seo In-guk) adalah perenang berbakat, tetapi berhenti berpartisipasi dalam olahraga setelah ayah dan ibunya meninggal. Namun seorang teman ayahnya membawanya bersekolah di Sekolah Menengah yang berfokus pada olahraga.

Dua saingan dari masa lalu, Woo Sang dan Won Il, kembali bertemu. Tak hanya di bidang olahraga, keduanya juga memperebutkan hati wanita yang sama, Jung Eun (Kwon Yuri), dan menemukan arti persahabatan di masa pra dewasa.

Hot Young Bloods

Pada 2014, Lee Jong-suk kembali kembali hadir dengan film Hot Young Bloods. Dalam film ini ia tampil cukup keren sebagai anak sekolahan. Aksinya dalam film ini pun mencuri perhatian.

Hot Young Bloods disetting pada awal 1980-an di Heongseong, Korea Selatan. Film ini menggambarkan persaingan, pertemanan, yang terjadi pada siswa di sebuah sekolah menengah.

Young Sook (Park Bo-young) adalah pemimpin geng wanita yang ditakuti di sekolah menengah. Meskipun dia dikenal karena ketangguhannya, dia naksir Joong Gil (Lee Jong-suk).

Sementara itu, Joong Gil adalah playboy sekolah. Dia mencoba untuk merayu semua gadis di sekolah kecuali untuk Young Sook. Itu karena Gwang Sik (Kim Young-kwang), pemimpin geng laki-laki sekolah saingan yang ditakuti, memandang Young Sook sebagai kekasihnya.

Suatu hari sekolah itu kedatangan siswi baru. Sosok cantik yang berhasil membuat Joong Gil jatuh hati padanya. Bagaimana hubungan 4 remaja ini kemudian? Sayang kalau kalian tidak nonton.

V.I.P

V.I.P merupakan film layar lebar Korea Selatan bergenre thriller yang dibintangi oleh Lee Jong-suk pada 2017 lalu. Dalam drama ini Lee Jong-suk tampak berbeda dengan peran-perannya dalam drama. Dia ditampilkan sebagai seorang psikopat yang tidak mempunyai rasa bersalah setelah melakukan banyak kejahatan.

V.I.P. menceritakan tentang Kim Gwang-il (Lee Jong-suk), anak pejabat tinggi Korea Utara yang tiba di Korea Selatan melalui perencanaan NIS di Korea Selatan dan CIA di Amerika.

Dia memiliki latar belakang sebagai pembunuh banyak wanita di Korea Utara dan negara lain, namun dilindungi sebagai VIP karena keluarganya yang berpengaruh.

Kim Gwang-il yang dilarikan ke Korea Selatan, kembali melakukan aksi kejahatannya. Di negara ini, tujuh wanita sudah menjadi korban, namun bukti-bukti tidak ada yang mengarah padanya.

Detektif Chae Yi-do (Kim Myung-min) merasa bahwa Kim Gwang-il adalah pelaku, dan dia berusaha keras menemukan bukti. Tetapi Agen NIS Park Jae-hyuk (Jang Dong-gun) berusaha untuk melindungi lantaran instruksi dari atasannya.

Penulis: Kugy Mukhlis/ Enda