9 Drama dan Film Korea Yang Dibintangi Gong Yoo

Enda RM

Gong Ji-chul, atau lebih dikenal dengan nama panggung Gong Yoo, adalah salah satu model dan aktor papan atas Korea Selatan yang banyak membintangi iklan, film, serta drama laris. Dengan kemampuan akting yang mumpuni, ditopang wajah tampan, membuat aktor kelahiran Busan, 10 Juli 1979 ini, mendapat tempat khusus di hati para pecinta film dan drama Korea. Belum lama ini, agen bintang Halyu yang terkenal ramah dan kocak itu, mengonfirmasi bahwa Gong Yoo akan membintangi film berjudul Seo Bok. Tokoh utama drama Encounter, Park Bo-gum, juga sudah dipastikan terlibat dalam proyek film yang sama.

Sejak memulai debutnya pada 2001, Gong Yoo yang mengantongi gelar sarjana (kini sedang menyelesaikan master) di  Jurusan Seni Pertunjukan Universitas Kyung Hee itu memulai kariernya dari peran-peran kecil di berbagai drama dan film. Namanya mulai dikenal luas setelah dramanya The 1st Shop of Coffee Prince yang tayang pada 2007, meraih rating tinggi ketika diputar. Saat itu, Gong Yoo memerankan Choi Han-kyul, seorang pria dari keluarga kaya yang kurang memiliki minat dalam berbisnis tetapi dipaksa neneknya untuk mengelola sebuah kedai kopi.

Sebenarnya, dia telah mendapatkan peran utama saat bermain di serial Hello My Teacher pada 2005, namun baru pada Drama Coffe Prince namanya mulai kokoh di blantika layar kaca Halyu. Untuk mengobati kerinduan para fans terhadap proyek-proyek Oppa satu ini, berikut koreoso.com rangkum 9 film dan drama Korea terbaik yang dibintangi aktor Gong Yoo.

Hello My Teacher (2005)

Poster Drama Hello My Teacher

Drama Korea Hello My Teacher, dikenal juga dengan judul Biscuit Teacher and Star Candy, tayang di SBS sebanyak 16 episode pada tahun 2005. Dalam drama yang mendapuk Gong Yoo dengan artis Gong Hyo-jin itu, Gong Yoo berperan sebagai Park Tae-in, seorang pelajar kelas 3 SMA yang bandelnya minta ampun. Dia baru saja pulang dari Amerika karena membuat onar di sekolah lamanya. Tak disangka, di Korea, kebandelannya itu justru makin menjadi. Bahkan, Tae-in bisa dibilang menjadi siswa paling nakal yang kerap menyebabkan keributan di sekolahnya.

Kepala Sekolah yang juga merupakan ibu tiri Tae-in, kemudian merekrut Na Bo-ri (Gong Hyo-jin) untuk menjadi wali kelas sekaligus guru pendamping di kelas 3-3, kelas dimana Tae-in berada. Na Bo-ri merupakan alumni dari sekolah tersebut yang kini berumur 25 tahun dan dulunya juga mantan gangster perempuan semasa SMA. Dia bertekad kembali ke sekolah lamanya untuk bisa dekat dengan Ji Hyun-woo, guru seni yang dulu selalu baik padanya. Ji Hyun-woo ini merupakan paman tiri Tae-in. Malangnya, kedua pria itu kemudian jatuh cinta pada Na Bo-ri.

Drama ini merupakan drama pertama yang menjadikan Gong Yoo sebagai bintang utamanya. Akting Gong Yoo dan Gong Hyo-jin dalam drama ini banyak mendapat pujian selain dramanya juga memperoleh rating tinggi. Yuk masukkan ke dalam list drama Gong Yoo yang harus ditonton!

Big (2012)

Sumber: Asianwiki

Hampir seperti drama Korea Hello My Teacher, drama Korea Big yang tayang di stasiun TV KBS2, juga mengangkat tema sekolah. Berkisah tentang guru SMA bernama Gil Da-ran (Lee Min-jung) yang sudah bertunangan dengan seorang dokter bernama Seo Yoon-jae (diperankan Gong Yoo). Namun, Da-ran kemudian jatuh hati pada murid baru di sekolahnya yang bernama Kang Kyung-joon (Shin Won-ho). Mereka awalnya bertemu dalam sebuah kejadian lucu, sebelum tahu jika mereka guru dan murid di sekolah yang sama.

Sebuah kecelakaan menyebabkan Seo Yon Jae dan Kang Kyung-joon bertukar tubuh. Sayangnya, Kyung-joon yang masuk ke tubuh Yoon-jae saja yang berhasil sadar, sementara tubuh Kyung-joon tetap koma di rumah sakit. Menemukan dirinya berada dalam tubuh tunangan wanita yang dia sukai, Kyung-joon awalnya kebingungan. Apalagi, Yoon-jae berumur 12 tahun lebih tua daripada dirinya.

Akting Gong Yoo dalam drama ini, layak mendapat acungan jempol. Aktor tampan itu, berhasil memainkan dua karakter sekaligus, yakni sebagai Dokter Seo Yoon-jae asli dan Seo Yoon-jae yang dihuni jiwa Kang Kyung-joon. Keren dan pastinya sayang untuk melewatkan drama Korea Big dari daftar drama Gong Yoo yang wajib tonton.

Goblin (2016)

Poster Drama Goblin

Drama Korea Goblin mendapuk Gong Yoo bersama artis cantik Kim Go-eun. Selain mereka, bintang-bintang keren yang bermain di drama ini adalah Lee Dong Wook, Yoo In-na dan Yook Sung-jae. Drama Goblin yang diputar TVN sebanyak 16 episode itu berkisah tentang seorang panglima perang dari masa Kerajaan Goryeo yang diberkahi sekaligus dikutuk menjadi Goblin, setelah sebuah tragedi besar terjadi di negaranya. Panglima Kim Shin (Gong Yoo) dihukum mati bersama adiknya Kim Sun dan seluruh keluarga serta pendukungnya karena dianggap membangkang pada adik iparnya yang juga Raja Goryeo bernama Wang Yeo. Karena jasa-jasanya dan kasih sayang dari para pengikutnya, Kim Shin kemudian dihidupkan kembali oleh Dewa dan diberikan kehidupan panjang, tidak mati ataupun menua sampai dia bertemu dengan pengantin yang akan mencabut pedang di tubuhnya dan membuatnya kembali jadi abu.

Setelah 800-an tahun kemudian, Kim Shin dalam hidup abadinya menemukan pengantin yang dimaksud, seorang pelajar SMA bernama Ji Eun-tak (Kim Go-eun). Raja Wang Yeo juga bereinkarnasi menjadi Malaikat Maut (diperankan Lee Dong-wook), sementara Kim Sun menjadi Sunny (Yoo In-na), bos di restoran ayam tempat Eun-tak bekerja. Tak disangka, untuk pertama kalinya Sang Goblin jatuh cinta dan mulai menghargai hidup yang dia miliki, padahal Eun-tak adalah kunci kematiannya.

Drama yang diputar stasiun TVN dan menjadi salah satu drama Korea dengan rating tinggi ini, naskahnya ditulis penulis kenamaan Kim Eun-sook yang juga merupakan penulis drama hits macam The Heirs, Descendant of the Sun, Mr Sunshine, dan sebagainya. Selain cerita dan sinematografinya yang menuai banyak pujian, ketiga aktor utamanya yakni Gong Yoo, Lee Dong-wook, dan Yook Sung-jae merupakan jebolan drama hits School yang tayang tiap tahun dengan kisah berbeda-beda. Lee Dong-wook bermain dalam School 2 dan 3 (tahun 1999 dan 2000), Gong Yoo memulai debutnya di School 4 (tahun 2001), dan Yook Sung-jae bermain dalam School yang tayang tahun 2015.

Finding Mr Destiny (2010)

Sumber: Asianwiki

Film Korea Finding Mr Destiny dibintangi Gong Yoo bersama artis cantik Im Soo-jung. Seo Ji-woo (Im Soo-jung) adalah seorang sutradara panggung di sebuah kelompok teater musikal. Meskipun terkesan cuek dan sembarangan, dia adalah seorang gadis yang pintar dan berbakat di bidang seni. Sepuluh tahun sebelumnya dia jatuh cinta pada pria bernama Kim Jong-wook yang ditemuinya di India. Meskipun mereka akhirnya terpisah, dia tak pernah move on dan masih terjebak pada kenangan cinta pertamanya.

Han Gi-joon (Gong Yoo) adalah pemilik dari perusahaan ‘Jasa Cinta Pertama’ yang membantu orang-orang untuk menemukan cinta pertama mereka yang hilang. Berkat desakan ayahnya yang seorang petinggi militer, Seo Ji-woo terpaksa menggunakan jasa perusahaan Han Gi-joon untuk menemukan Kim Jong-wook yang tak tahu entah dimana. Dalam upaya pencarian itu, diam-diam mereka justru saling jatuh hati. Padahal, cinta pertama yang dicari Ji-woo, yakni Kim Jong-wook rupanya juga berusaha menemukan si gadis dengan meminta bantuan ke perusahaan milik Han Gi-joon. Film besutan sutradara Chang You-jeong yang naskahnya ditulis Lee Kyung-ui ini, selain lucu, romantis, juga sangat menggemaskan.

The 1st Shop of Coffee Prince (2007)

Sumber foto: Dramabeans

Drama Korea Coffee Prince merupakan salah satu drama legendaris Korea Selatan yang dibintangi Gong Yoo bersama Yoon Eun-hye. Drama 16 episode yang saat penayangannya berhasil meraup rating sangat tinggi itu, berkisah tentang seorang anak keluarga kaya bernama Choi Han-kyul (Gong Yoo) yang suka berfoya-foya dan tak tertarik mengelola bisnis keluarga. Namun, ketika sang nenek memaksanya mengelola sebuah kedai kopi, Han-kyul mulai berubah.

Hal itu lantaran kehadiran Go Eun-chan (diperankan Yoon Eun-hye), seorang gadis tomboi yang awalnya dikira laki-laki oleh Han-kyul. Karena Han-kyul tak juga menyadari bahwa Eun-chan adalah perempuan, Eun-chan kemudian memanfaatkan kesempatan itu untuk menyamar sebagai pria demi bisa bekerja di kafe milik Han-kyul. Dua orang yang aslinya pria dan wanita ini, saling jatuh cinta. Namun, Han-kyul terus merasa ragu menemukan dirinya yang pria tulen, jatuh cinta pada pria lainnya. Sementara Eun-chan terus merasa ragu untuk mengakui bahwa dirinya adalah seorang wanita karena takut kehilangan pekerjaan yang sangat ia sukai di Coffe Prince. Coffe Prince adalah drama laris yang berhasil melambungkan nama Gong Yoo dan meletakkannya di jajaran aktor papan atas Korea Selatan.

Silenced (2011)

Sumber: Asianwiki

Film Korea Silenced diangkat dari novel berjudul sama karya Gong Ji-young. Novel ini terinspirasi dari kisah nyata tentang anak-anak berkebutuhan khusus yang menjadi korban kejahatan seksual. Film yang digarap pasca Gong Yoo menyelesaikan wajib militernya ini, setelah diputar di bioskop dan ditonton jutaan rakyat Korea, kemudian menjadi ramai dan menggemparkan, hingga mampu mendorong pemerintah dalam merubah Undang-Undang terkait perlindungan anak. Kabarnya, kisah itu difilmkan setelah Gong Yoo yang saat itu tengah wajib militer, membaca novel Gong Ji-young ini. Melalui agensinya, ia menghubungi sutradara dan meminta cerita itu diangkat dalam film.

Dalam film Silenced, Gong Yoo berperan sebagai guru seni bernama Kang In-ho. Atas rekomendasi seorang profesor, ia kemudian mengajar di sebuah sekolah yang mendidik anak-anak berkebutuhan khusus. Saat menjadi guru itulah dia menyadari ada sesuatu yang tidak beres di tempatnya mengajar. Film Silenced atau dengan judul lain The Crucible, mengangkat kisah nyata di Gwangju Inhwa School, dimana seorang siswa menjadi korban kekerasan seksual yang berulang sepanjang lima tahunan pada tahun 2000-an.

Film Korea Silenced juga mendapatkan penghargaan dari Audience Award pada Udine Far East Film Festival pada 2012 di Italia. Tak hanya tayang di Korea Selatan, Silenced juga diputar di gedung bioskop luar negeri antara lain Los Angeles, New Jersey, Philadelphia, Las Vegas, Portland, Seattle, Dallas, Chichago, Atlanta, San Jose, Huntington Beach, Toronto, Vancouver dan diulas The New York Times, The Economist, serta The Wall Street Journal. Keren kan?

Train To Busan (2016)

Cuplikan film Train to Busan 

Train To Busan merupakan film Korea Selatan bergenre action yang dirilis pada Juli 2016 lalu. Tahun 2016 memang tahun sibuk bagi Gong Yoo, tiga film dan satu dramanya dirilis pada tahun yang sama. Tak hanya di Korea Selatan, film Train To Busan juga diputar di berbagai negara termasuk Indonesia pada Agustus 2016. Film ini menceritakan Seok Woo (diperankan Gong Yoo), seorang manajer keuangan sebuah perusahaan yang baru saja bercerai dengan istrinya. Dia melakukan perjalanan ke Busan untuk mengantar Su An (diperankan Kim Soo-an), anak perempuannya, agar bisa bertemu ibu kandungnya, sebagai hadiah ulang tahun dari si ayah untuk putri tunggalnya itu.

Malangnya, dalam perjalanan menggunakan KTX (kereta api cepat Korea), terjadi serangan zombie di dalam kereta yang mereka tumpangi. Tak hanya di kereta, sepanjang tempat yang mereka lalui juga telah porak-poranda oleh serangan zombie. Dipenuhi adegan aksi, seram, dan menegangkan, film Train To Busan besutan sutradara Yeon Sang Ho yang bergenre horor thriller ini juga menguras air mata, melihat perjuangan para tokoh untuk menyelamatkan orang-orang yang mereka kasihi. Peran Gong Yoo sebagai ayah berpenampilan dingin namun sesungguhnya penuh kasih, membuat film Train To Busan menjadi salah satu film Gong Yoo yang sayang untuk dilewatkan.

The Age of Shadows (2016)

Sumber foto: Asianwiki

Film Korea Age of Shadows merupakan film bertema sejarah yang berlatar tahun 1920-an saat Korea masih berada di bawah penjajahan Jepang. Berkisah tentang Lee Jung-chul (diperankan Song Kang-ho) seorang mantan pejuang Korea yang kini bekerja sebagai polisi Jepang. Dia ditugaskan untuk menggagalkan aksi sebuah kelompok pejuang kemerdekaan yang dipimpin Kim Woo-jin (Gong Yoo). Dengan saling merahasiakan identitas masing-masing, namun aslinya sudah mengetahui topeng satu sama lain, Jung-chul dan Woo-jin justru menjalin persahabatan dan bekerjasama. Lee Jung-chul secara diam-diam rupanya masih menaruh simpati pada perjuangan bangsanya sendiri.

Film Age of Shadows yang dikenal dengan judul lain ‘Secret Agent’ ini juga dibintangi aktor top Lee Byung-hun yang berperan sebagai atasan Kim Woo-jin. Film yang juga diperani Han Ji-min, Shin Jung-rok, dan Park Hee-son ini, mengangkat tema nasionalisme seperti film Assassination yang sudah sukses sebelumnya. Penasaran dengan akting Gong Yoo oppa sebagai pejuang abad 20? Jangan lewatkan film ini. (*)