5 Film Action Korea Terbaik Sekelas Hollywood

Dunia broadcasting Korea Selatan mengalami kemajuan pesat beberapa tahun terakhir. Film dan dramanya telah menembus pasar internasional dan diputar di berbagai belahan dunia.

Untuk para pecinta kisah aksi menegangkan, berikut 5 film action layar lebar Korea yang bisa jadi pilihan tontonan. Dijamin seru, menegangkan, tapi juga mengharukan.

Train To Busan (2016)

Film action Korea Train To Busan dirilis pada Juli 2016 dan baru diputar di Indonesia satu bulan kemudian. Film ini menceritakan Seok Woo (Gong Yoo), seorang pria mapan, manajer keuangan sebuah perusahaan yang sibuk dan baru saja bercerai dengan istrinya. Dia melakukan perjalanan ke Busan untuk mengantar Su An (Kim Soo-an), anak perempuannya, agar bisa bertemu ibunya, sebagai hadiah ulang tahun.

Malangnya, dalam perjalanan menggunakan KTX (kereta api cepat Korea), terjadi serangan zombie di dalam kereta yang mereka tumpangi. Tak hanya di kereta, sepanjang tempat yang mereka lalui, zombie telah menghancurkan kota. Penyebaran zombie sangat cepat lantaran siapapun manusia normal yang tergigit, akan menjadi seperti mereka.

Dipenuhi adegan aksi, seram, dan menegangkan, film Train To Busan besutan sutradara Yeon Sang Ho yang bergenre horor thriller ini juga menguras air mata, melihat perjuangan para tokoh untuk menyelamatkan orang-orang yang mereka kasihi.

Along With The Gods: The Two Worlds (2017)

Meskipun bergenre aksi, film Along With The Gods juga diselingi adegan sedih. Film yang diangkat dari webtoon berjudul Along With The Gods karya Joo Ho-min ini berkisah tentang pengadilan di akhirat. Film ini dimainkan artis-artis terkenal seperti Ju Ji-hoon, Ha Jung-woo dan Kim Hyang-gi sebagai tiga malaikat maut bernama Hae Won-maek, Gangrim, dan Deok Chun.

Ketiga malaikat maut itu membimbing arwah Kim Ja-hong (diperankan aktor Cha Tae-hyun), seorang pemadam kebakaran berhati baik, yang harus menjalani pengadilan selama 49 hari di 7 neraka agar bisa bereinkarnasi kembali.

Film besutan sutradara Kim Yong Hwa dan berdurasi 142 menit ini, menjadi salah satu film terlaris dan sukses besar dengan pendapatan total mencapai US$103,5 (setara penjual 14,4juta tiket) dan jadi film Korea paling banyak ditonton setelah Roaring Currents (2014).

Along With The Gods: The Last 49 Days (2018)

Film Along With The Gods: The Last 49 Days merupakan sekuel dari Film Along With Gods. Film berdurasi 142 menit ini kembali menghadirkan para malaikat kematian Hae Won Maek (dimainkan Ju Ji Hoon), Gang Rim (Ha Jeong-wo), dan Lee Deok-choon (Kim Hyang-gi). Selain mereka, pemeran lain yang dimunculkan ada Won Dong-yeon (diperankan Do Kyung-soo), Seongju (Ma Dong-seok).

Film yang dirilis di Indonesia pada 15 Agustus 2018 itu menjadi film dengan jumlah penonton tertinggi sepanjang sejarah box office Korea Selatan. Di hari pertama penayangannya di negeri asalnya, film ini berhasil mendongkrak penjualan hingga 1,24 juta tiket, menggulingkan rekor sebelumnya yang diraih Jurrassic Worlds: Fallen Kingdom di angka 1,18 juta tiket.

Film besutan sutradara Kim Yong-hwa tersebut juga menjadi film Korea pertama yang berhasil mencapai penjualan satu juta tiket di hari pertama. Film Along With the Gods: The Last 49 Days mengisahkan peluang ketiga malaikat maut untuk mendapatkan kehidupan baru bila mereka sukses mereinkarnasikan satu arwah kembali. Sayangnya, mereka justru menemukan kekecewaan satu sama lain.

Fabricated City (2017)

Film Fabricated City merupakan film aksi menegangkan yang dibintangi aktor Ji Chang-wook. Dalam film besutan sutradara Park Kwang-hyun ini, Ji Chang-wook memerankan Kwon Yoo yang memimpin sebuah permainan game online.

Suatu hari, ketika sedang main game, sebuah telepon genggam yang tergeletak di sebelahnya berbunyi. Suara di seberang memintanya mengantarkan telepon genggam itu ke sebuah alamat dengan imbalan uang lumayan besar. Pagi harinya, Kwon Yoo ditangkap polisi atas sebuah kasus pembunuhan dan pengadilan menjatuhinya hukuman seumur hidup.

Film Fabricated City menjadi salah satu film action menegangkan tentang bagaimana perjuangan Kwon Yoo bertahan terhadap kekerasan para tahanan di penjara, upayanya melarikan diri, dan bersama teman-teman game online-nya, berusaha mengungkap kebenaran.

Rampant (2018)

Film Rampant merupakan film aksi Korea Selatan yang mengusung genre film sejarah, action dan horor. Film yang disutradarai oleh Kim Sung-hoon dan naskahnya ditulis oleh Hwang Jo-yoon ini, mendapuk dua aktor top Korea, Hyun Bin dan Jang Dong-gun.

Film ini menceritakan pangeran dari Joseon Lee Chung (Hyun Bin) yang disandera Dinasti Qing. Ia merupakan ahli pedang hebat, namun suka mabuk, judi, dan main perempuan. Kakaknya yang hendak naik tahta, berusaha membawa Lee Chung pulang setelah lebih 10 tahun meninggalkan Joseon. Sesampainya di Joseon, dia bersama Kim Ja-joon (Jang Dong-gun) dan juga Deok-hee (Lee Sun-bin) harus bertarung menghadapi monster yang berkeliaran di malam hari. (*)